Pelatihan Menulis untuk Guru, Siswa/Mahasiswa, Lembaga, Komunitas, dan Umum

Salah satu potensi yang dimiliki oleh penulis yang tergabung di Mitra Baraya adalah mereka yang sudah berpengalaman dalam dunia kreativitas menulis. Karya tulis yang dihasilkan banyak yang dimuat di media massa atau telah diterbitkan oleh penerbit-penerbit yang ada di Bandung, Jakarta, Yogyakarta, dan wilayah lainnya. Untuk itu, Mitra Baraya menjembatani bagi pihak sekolah, lembaga, komunitas, atau umum yang ingin bekerja sama dalam mengadakan pelatihan menulis yang diselenggarakan di sekolah-sekolah, kantor, atau lembaga. Kegiatan pelatihan menulis ini tiada lain sebagai media berbagi antara penulis dan mereka yang akan belajar menulis atau ingin lebih meningkatkan keterampilan menulis.

Untuk segmentasi peseta pelatihan diutamakan untuk siswa dan guru. Beberapa materi yang menjadi bahan pelatihan menulis adalah:

A. Materi Pelatihan Menulis

1. Tips dan trik penulisan untuk mendukung mata pelajaran (khususnya Bahasa Indonesia) dan menggali potensi bakat menulis setiap siswa.
2. Tips dan trik mengembangkan budaya menulis di sekolah untuk memajukan media penulisan, seperti majalah sekolah, buletin, atau majalah dinding,
3. Teknik penyuntingan dengan mempelajari teknik editorial kebahasaan dalam naskah (ejaan, tata bahasa, tata kalimat, dll.)
4. Tips dan trik terampil menulis fiksi (cerpen, novel, dsb.) dan nonfiksi (artikel, feature, dll.).
5. Tips dan trik menulis di website/blog pribadi atau milik sekolah/ekskul yang dikelola siswa sehingga bisa mendapatkan penghasilan dari website/blog yang dikelola. Selain itu, bagaimana jejaring sosial di internet bisa dijadikan wahana meningkatkan keterampilan menulis.
6. Tips dan trik membuat proyek karya penulisan berupa buku, majalah, buletin, dsb. dengan prinsip publishing house atau desktop publishing.
7. Tips dan trik menulis untuk menembus media massa.
8. Tips dan trik meningkatkan kinerja ekstrakurikuler penulisan yang ada di sekolah.
9. Tips dan trik penulisan proposal (kesekretariatan) untuk mendukung kegiatan yang akan dilaksanakan (misalnya acara pensi.) 

B. Pelatihan Menulis untuk Pendidik (Guru)
1. Tips dan trik dengan membagi waktu di tengah kesibukan mengajar atau tugas lainnya.
2. Tips dan trik menulis buku pelajaran atau buku pengayaan (referensi) yang bisa diterbitkan di penerbit, baik secara mandiri atau kelompok (tim mata pelajaran).
3. Tips dan trik menulis buku pelajaran atau buku pengayaan yang bisa diterbitkan penulisan khusus pendidik di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (misalnya sayembara penulisan yang diadakan hampir setiap tahun oleh Pusat Perbukuan dan Kurikulum).
4. Tips dan trik menulis di media massa untuk rubrik khusus guru/tema pendidikan.
5. Tips dan trik menulis di blog/website yang dikelola guru untuk mendukung pelajaran yang diselenggarakan dengan metode e-learning.
6. Tips dan trik pembuatan makalah, skripsi, atau tesis bagi guru yang kembali mengikuti pendidikan di perguruan tinggi.
7. Bagaimana membuat membuat penerbitan elektronik sendiri (e-book, PDF, dll.) serta pembuatan soal-soal latihan untuk siswa dengan menggunakan media online. 
8. Seluk beluk dunia penerbitan dan alur kerjanya (standar operasional penerbitan yang berlaku sekarang) termasuk pengenalan media terbaru yang digunakan penerbit di era internet.


C. Pelatihan Menulis untuk Lembaga, Komunitas, dan Umum
1. Tips dan trik untuk mendukung pekerjaan, kegiatan, atau meningkatkan potensi hobi menulis.
2. Tips dan trik menulis naskah buku, artikel, feature, dan sebagainya yang ingin diterbitkan di media massa atau media yang dikelola sendiri (buletin, majalah komunitas, website, dsb.) serta cara pengajuan naskah ke penerbit.
3. Tips dan trik menulis artikel/konten untuk website, blog, dsb. yang bisa mendukung usaha, kegiatan, atau sarana informasi yang disesuaikan dengan kepentingan peserta pelatihan.
4. Tips dan trik menerbitkan buku, majalah, atau buletin dengan konsep Desktop Publishing (DTP).

Untuk teknis pelaksanaan pelatihan:
1.  Materi penulisan yang akan disampaikan bergantung kebutuhan dari pihak peserta pelatihan. Hal ini nanti bisa disesuaikan sendiri bergantung situasi, kondisi, dan kemungkinan pengembangan tindak lanjut pascalatihan menulis.
2. Pelatihan menulis bisa diselenggarakan di sekolah (tanpa mengganggu jadwal belajar) atau di luar lingkungan sekolah.
3. Diutamakan peserta pelatihan secara kelompok, bisa dengan sistem penjadwalan per kelompok.
4. Komposisi bahan pelatihan yaitu materi 40% : praktik 60%.
5. Penyelenggaraan pelatihan ditindaklanjuti dengan adanya konsultasi di luar pelatihan, misalnya dengan sistem tanya-jawab di internet dengan media Facebook, Yahoo Messenger, BlackBerry Messenger, Whatsapp, dll.
6. Pemateri adalah mereka yang sudah ahli dalam dunia penulisan. Dengan demikian, dalam penyampaian materi ada bukti konkret dari karya tulis yang pernah diterbitkan/dimuat di media massa/website.  
7. Jika akan menerbitkan karya tulis dalam media buku, majalah, buletin, atau membuat website bisa bekerja sama dengan tim dari Mitra Baraya dalam bentuk konsultasi  (jika ingin diterbitkan sendiri) atau difasilitasi dari penyiapan naskah, penyuntingan dan layout, dummy, hingga pencetakan.
8. Media pendukung selama pelatihan penulisan menggunakan proyektor, laptop, jaringan internet, modul, dan bahan materi yang bisa di-copy di komputer setiap peserta.
9. Setelah pelatihan diselenggarakan, dilakukan pendampingan kepada peserta yang ingin konsultasi mengenai penulisan. Peserta bisa mendatangi langsung sekretariat Mitra Baraya pada jam kerja atau komunikasi melalui media online (Facebook atau e-mail).

Jika Anda tertarik mengadakan pelatihan, silakan hubungi Tim Pelatihan Penulisan Kreatif Mitra Baraya. Pelatihan bisa diselenggarakan di sekolah, lembaga, atau di sekretariat Mitra Baraya.

Telepon/SMS/WhatsApp:0896 7110 2034
PIN BBM: 76B0DB73  
Email: kontakbaraya@gmail.com 

0 Comments:

Posting Komentar